Kamis, 07 Februari 2019

Bacabaca 48: Raindrops Serenade oleh Dya Ragil

Judul: Raindrops Serenade
Penulis: Dya Ragil
Tahun Terbit: 2017
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 264 halaman, paperback
ISBN: 9786020378770

“Omong-omong, gue lagi nulis lagu atas permintaan band kampus. Mau bantu?”
“Kenapa? Lirik yang lo tulis berasa sampah lagi?”
“Lebih baik sampah daripada plagiat.”

Risa pernah menulis lagu bersama Amel, lalu tiba-tiba lagu itu diklaim sebagai lagu yang diciptakan oleh salah satu personel band Lima Oktaf. Ketidakjelasan kenapa lagu itu bisa jatuh pada pihak ketiga membuat dua sahabat itu saling menyalahkan dan akhirnya bermusuhan. Bahkan, Risa sempat melakukan percobaan bunuh diri karena tidak kuat menghadapi cyberbullying yang dilakukan para fans Lima Oktaf.

Setelah kejadian itu berlalu, Risa harus kembali berhadapan dengan Lima Oktaf karena urusan kepanitiaan orientasi mahasiswa baru di kampusnya. Keadaan makin rumit ketika dia mendapati Galang, pemuda yang sudah dia anggap adik sendiri, ternyata sedang menulis lagu untuk Lima Oktaf tanpa mengetahui seperti apa masa lalu Risa.

Apa yang akan Risa lakukan saat Galang meminta bantuannya menulis lagu itu? Bagaimana pula reaksi Amel yang masih saja menyalahkannya?


***

Sejak membaca Sebelas, sebuah cerita remaja berlatar belakang olahraga sepak bola bagi remaja perempuan, saya sudah duga bahwa Dya Ragil terlahir untuk membuat kisah-kisah remaja ala shoujo manga. Saya pun menyukai cerita remaja semacam ini, karena pernah membuat yang nuansanya serupa. Saya melewatkan Starlight, dan akhirnya baru kesampaian membaca Raindrops Serenade, novel ketiga Dya Ragil.

Novel ini bercerita tentang dewasa muda, perkiraan usia kuliah hingga akhir kuliah. Tokoh utama bernama Risa, dan dia memiliki masa lalu kelam karena hampir kedapatan bunuh diri (walau gagal). Risa saat itu tertekan karena cyberbullying yang dilakukan oleh para fans grup musik Lima Oktaf, hanya karena dia ingin meminta klarifikasi atas pencurian lagu yang dibuat oleh dia dan sahabatnya, Amel.

Sejak saat itu, Risa berubah menjadi sangat sarkastis. Ia sudah tak peduli lagi dengan musik dan memilih fokus kuliah di jurusan Pendidikan Fisika. Namun, ia tak bisa menghindar saat teman kuliahnya meminta tolong untuk bertemu dengan Tirta, manajer Lima Oktaf.

Sampai saat ini, dunia Risa yang telah dibangun terkungkung tembok, perlahan runtuh kembali. Ia mau tak mau terjun kembali membuat musik bersama Galang. Rangkaian kejadian yang mengharuskannya berhubungan dengan Lima Oktaf, juga berhasil membuka tabir rahasia mengenai kasus pencurian lagu lima tahun lalu.

Walau kisahnya seperti terulang, Dya Ragil berhasil untuk tidak membuat tokoh yang terlalu larut dalam keputusasaan. Dya Ragil membuat tokoh Risa lima tahun lalu, benar-benar sudah berubah dewasa saat menginjak usia 21 tahun.

Tak banyak tokoh yang ada di novel ini. Namun, Dya Ragil berhasil sekali lagi untuk membuat jalinan tokoh itu masuk akal, tidak mengada-ada. Walau lingkup tokohnya kecil, pertemuan mereka semua masuk akal dan beralasan. Tidak ada tokoh yang tiba-tiba datang entah dari mana, lalu tiba-tiba juga bisa kenal dan akrab dengan para tokoh di novel Raindrops Serenade ini.

Sayangnya, saya membaca lewat ePub iPusnas yang tersedia di ponsel, sehingga saya tidak bisa menikmati tata letak cantik yang minimalis. Berlatar rintik hujan di setiap awal bab, jika kau memiliki buku fisiknya, kurasa kau akan ikut menikmati serenada hujan lewat buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar